Tahun 2019, Insentif Kader Posyandu Bintan Naik 100 Persen
10 Agustus 2018
Bupati Apri Sujadi saat bersilaturahmi dengan kader Posyandu yang ada di Bintan beberapa waktu lalu. Untuk tahun 2019, Pemkab Bintan akan menaikkan insentif kader posyandu sebesar 100 persen. (Foto: IST)
INILAHKEPRI, BINTAN - Pemerintah Kabupaten Bintan akan menaikkan insentif kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) ditahun 2019 sebesar 100 persen. 

Diketahui bahwa insentif kader posyandu yang sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp100 ribu. Namun untuk di tahun 2019, besaran insentif tersebut akan dinaikkan menjadi Rp200 ribu. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan Gama Isnaeni, Kamis (9/8/2018). 

"Dengan kenaikan ini, saya harap kader Posyandu bisa lebih semangat. Ini sesuai komitmen Bupati Bintan dalam usaha meningkatkan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan," ujarnya.

Untuk insentif tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan mengalokasikan anggaran berkisar Rp 3,5 milyar. Estimasi anggaran tersebut diperkirakan berdasarkan jumlah posyandu yang ada di Kabupaten Bintan sebanyak 165 posyandu dengan rata-rata setiap posyandu memiliki 9 org kader. 

"Tahun 2019 , setiap kader posyandu mendapatkan insentif sebesar Rp2,4 juta per orang per tahunnya," ujarnya.

Selain insentif, Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan juga mengalokasikan Operasional Posyandu sebesar Rp2 juta per posyandu. Dari 165 posyandu nantinya akan diberikan biaya operasional terdiri dari 75 posyandu di kelurahan dan 90 posyandu di desa.

"Untuk posyandu yang ada di kelurahan, maka dana operasional dianggarkan melalui APBD Pemkab Bintan. Sedangkan posyandu di desa melalui APBDes. Total anggaran yang dibutuhkan untuk operasional posyandu berkisar Rp330 juta, " tutupnya. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua