GenPi Luncurkan Pasar Bintan Betuah, Jadi Destinasi Digital Kedua di Kepri
04 Agustus 2018
Salah satu spot yang dipersiapkan bagi pengunjung untuk berfoto di Pasar Bintan Betuah yang terletak di Kawal, Gunung Kijang, Bintan. Destinasi Digital kedua di Kepri ini rencananya akan diluncurkan Minggu, 12 Agustus 2018 Agustus mendatang. (Foto: Istimewa)
INILAHKEPRI, BINTAN - Pasar Bintan Betuah yang berlokasi di Gang Swadaya, Kampung Jeropet, RT 4 RW 2, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang disulap sebagai kawasan pariwisata. 

Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kepulauan Riau (Kepri) menjadikan Pasar Betuah ini sebagai Destinasi digital baru di Kepulauan Riau yang akan diluncurkan Minggu 12 Agustus 2018 mendatang. Konsep matang kini tengah dipersiapkan untuk memeriahkan launching Pasar Bintan Betuah. 

Ketua GenPI Kepri Nunung Sulistiyanto mengtakana, GenPI Bintan telah mempersiapkan berbagai keseruan berupa suguhan budaya sekaligus mempertegas nuansa kearifan lokal yang akan di tonjolkan Pasar Bintan Betuah.

"Sudah pasti seru nanti. Apalagi ini merupakan Destinasi Digital kedua yang Kepri miliki. Semua akan all out untuk memberika suguhan menarik di Pasar Bintan Betuah," kata Nunung, Jumat (3/8). 

Suguhan budaya yang akan ditampilkan mulai tarian dan musik tradisional, hingga akrobatik dari pencak silat yang akan menghibur wisatawan yang datang. 

"Ini merupakan salah satu bentuk aktivasi offline dari GenPI Bintan sekaligus mendukung program Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dimana kemenpar telah menetapkan untuk membangun 100 Destinasi Digital baru diseluruh Indonesia," kata Nunung. 

Konsep destinasi Pasar Bintan Betuah ini ditata menarik. Di destinasi ini, wisatawan dapat memetik dan mencicipi sendiri buah rambutan yang ada di lokasi pasar. Bagi wisatawan yang hobi memancing, destinasi digital ini menyediakan kolam pancing yang dapat dinikmati saat berkunjung. Ada ikan nila, ikan gabus, ikan mujair, ikan gurami, ikan bawal, ikan mas, ikan sepat yang terdapat di kolam pancingan.

Selain itu, berbagai spot foto terbaik juga siap menyambut wisatawan. Beragam kuliner juga siap hadir melengkapi destinasi ini. Semuanya dijamin lezat, apalagi kulinernya merupakan hasil dari masyarakat sekitar. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan GenPI untuk mengangkat perekonomian masyarakat. 

"Nanti yang dijajakan bukan hanya kuliner, beragam kerajinan hasil dari masyarakat sekitar juga ada disana. Makanya jangan sampai tidak mampir ke Pasar Bintan Betuah kalau datang ke Bintan," ujar Nunung. 

Menpar pun mengapresiasi performa positif yang ditampilkan oleh GenPI Kepri, khususnya GenPI Bintan. Dengan membuka Destinasi Digital baru akan semakin mendorong peningkatan pariwisata di Kepri. Sekaligus mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berjualan, sekaligus memasarkannya melalui media sosial. 

“Berikan manfaat ekonomi sebesar besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI, karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut. (Rls)




Berita Terkait
Lihat Semua