Polri dan Umrah Bangun Kerjasama Bidang Pendidikan
30 Juli 2018
Asisten SDM Polri, Irjen Pol Drs Arief Sulistyanto MSi dan Rektor Umrah Prof DR Syafsir Akhlus MSc usai penandatangan MoU di bidang pendidikan di Kampus Umrah, Dompak, Senin (30/7/2018). (Foto: Masrun)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Dompak menandatangani hubungan kerjasama di bidang pendidikan. Mulai dari penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan penelitian demi pengabdian kepada masyarakat, guna pengembangan kelembagaan Polri lebih profesional dan moderen.

Penendatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) ditandatangani Asisten SDM Polri, Irjen Pol Drs Arief Sulistyanto MSi dan Rektor Umrah Prof DR Syafsir Akhlus MSc. Penandatangan digelar di Auditorium Umrah, Dompak, Tanjungpinang, Senin (30/7/2018), disaksikan jajaran Polda Kepri khususnya Polres Tanjungpinang serta Civitas Akademik Umrah.

Arief Sulistyanto usai kegiatan mengatakan, Polri memiliki visi untuk membangun, menjaga peradaban bangsa dan negara. Apalagi Kepulauan Riau merupakan salah satu panutan peradaban Indonesia baik dari aspek kebudayaan, norma sosial maupun budi bahasa yang dimiliki.

Hal itu, merupakan salah satu tugas dari Kapolri RI, Jendral Pol Prof Drs Muhammad Tito Karnavian MA PhD yang diberikan kepada dirinya.

"Kalau saya katakan tadi Umrah membangun peradaban, maka Polri menjaga peradaban," ucap Arief kepada sejumlah jurnalis.

"Pada dasarnya menjaga peradaban bangsa bersama-sama masyarakat," sambungnya.

Arief mengulas kembali mengenai MoU antara Polri dan Umrah. Bagaimana anggota Polri bisa meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya dengan belajar di universitas yang telah diajak bekerjasama dengan Polri.

"Memiliki empat unsur profesionalitas yakni skill, atitut, knowladge dan eksperiental," ujar Arief.

Selain itu, Polri juga menyediakan sarana penelitian bagi mahasiswa-mahasiswi akan melakukan KKN maupun penelitian Skripsinya.

"Sarjana-sarjana yang berkualitas yang ingin berkarier di Kepolisoan kami juga akan memfasilitasi," jelasnya.

Arief menambahkan, Polri juga telah bekerjasama dengan universitas-universitas lainnya di Indonesia dalam rangka pengembangan SDM di jajaran kepolisian, baik tingkat pusat hingga daerah.

"Targetnya bagaimana kita bersama-sama untuk membangun SDM agar lebih baik lagi," tutupnya.

Rektor Umrah, Prof DR Syafsir Akhlus MSc mengatakan, MoU ini merupakan harapan besar Umrah berdasarkan penilaian Polri untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Sebagai tanggungjawab pengabdian Umrah kepada masyarakat.

"Jadi kami memberikan kontribusi dari pengembangan ilmiah. Nanti dari Kepolisian akan memberikan data-data tentang bagaimana keadaan lapangan," ucap Syafsir didampingi Aref.

"Lalu kita akan cari titik temunya secara bersama," sambungnya.

Kampus Umrah, kata Rektor telah memiliki status Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) belum lama ini. Umrah terdiri lima fakultas dan 19 program studi, sebelas diantaranya diakreditasi B. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua