Kemendag Temui Pengusaha Batam Curangi Timbangan
28 Juli 2018
Direktur Jenderal PKTN Kemendag, Veri Anggrijono, saat mengecek timbangan di salah satu tempat usaha di Batam, Jumat7/2018). (Foto: Hadi)
INILAHKEPRI, BATAM - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) mengaku menemui banyaknya pengusaha yang curang dalam penggunaan metrologi atau alat ukur berat.

Direktur Jenderal PKTN Kemendag, Veri Anggrijono, Jumat (27/7/2018) mengungkapkan, temuan itu umumnya ditemui di pasar-pasar tradisional yang ada di Batam

"Banyak sekali temuan kecurangan dalam pengukuran alat timbangan yang terjadi di pasar tradisional," ujar Veri.

Terkait ini, petugas Ditjen PKTN dia katakan telah memberikan peringatan kepada sejumlah pengusaha yang main curang terhadap masyarakat sebagai konsumen.

"Memang belum memberikan tegas, tetapi baru sebatas peringatan. Tapi, kalau peringatan tidak diindahkan, maka akan kami berikan tindakan tegas," ujar Veri.

Tindakan tegas sebagaiman dia maksud adalah berupa penyegelan tempat usaha, atau tindakan pidana sesuai aturan yang berlaku.


"Sesuai aturan, saksi yang diberikan dilakukan secara bertahap. Mulai dari saksi peringatan, pembekuan, pencabutan izin hingga pidana," tegasnya lagi.

Menurut Veri, dari pemeriksaan yang dilakukan PPNS Ditjen PKTN Kemendag, sedikitnya ada 10 pelaku usaha kategori besar yang melakukan kecurangan alat ukur.

"Lebih dari sepuluh, tapi tidak sampai puluhan. Bisa dikatakan masuk dalam kata normal. Tapi kami akan terus pantau. Kalau tidak berubah, langsung diberikan sanksi tegas," ujar Veri.

Dia menyampaikan, kecurangan dilakukan pengusaha terhadap penerapan alat ukur timbangan ini dilakukan pengusaha di Batam untuk menutupi biaya transportasi.

"Rata-rata barang didatangkan dari luar Batam. Mereka melakukan itu untuk menutupi biaya pengeluaran," jelas Veri.

Disamping itu, Veri juga menegaskan jika alat  timbang yang masuk ke Batam ummlumnya masuk tanpa lulus uji tera oleh pemerintah daerah. (Hadi)




Berita Terkait
Lihat Semua