Harga Telur Ayam Eceran di Batam Berangsur Turun
28 Juli 2018
Pedagang telur di Pasar Tos 3000 Batam. (Foto: Hadi)
INILAHKEPRI, BATAM - Harga telur ayam ras di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang sebelumnya sempat naik hingga Rp 2.000 per butirnya atau Rp 58 ribu perpapan, kini berangsur turun.

Ini dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Batam, Zarefriadi. Ketika ditemui di pasar tradisional Tos 3000 Jodoh, Zarifriadi menyatakan jika harga telur yang sebelumnya dijual Rp58 ribu, kini dijual seharga Rp40 ribu per papan.

Kendati demikian, dia mengakui jika masih ditemui adanya pedagang yang menjual seharga Rp45 ribu.

"Tapi setidaknya harga jual sudah mulai turun. Sekarang harga ecerannya Rp 1.500 perbutir, turun sekitar Rp 500 dari harga sebelumnya Rp 2.000 per butir," kata Zarefriadi.

Turunnya harga ini dia sebut karena mulai stabilnya stok telur di Kota Batam. Umumnya telur di Kota Batam didatangkan dari sejumlah daerah di Sumatera seperti Padang dan Medan

"Di Batam ada telur yang dikenal dengan telur Barelang. Tapi produksinya tidak memenuhi kebutuhan masyarakat Batam," jelasnya.

"Seingat saya kebutuhan telur di Kota Batam sekitar tiga ribuan perhari," tambahnya.

Selain telur ayam ras, telur ayam kampung juga mengalami penurunan dari sebelumnya Rp62 ribu menjadi Rp 60 ribu perpannya. Demikian telur bebek juga turun menjadi Rp 65 ribu perpan. (Hadi)




Berita Terkait
Lihat Semua