Polairud Polda Kepri Gagalkan Penyeludupan Ikan Hias dan Terumbu Karang ke Singapura
23 Juli 2018
Sejumlah ikan hias dan terumbu karang yang sudah dikemas rapi untuk dijual ke Singapura berhasil diamankan Ditpolairud Polda Kepri. (Foto: Hadi)

INILAHKEPRI, BATAM - Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Kepri berhasil mengamankan sejumlah ikan hias dan belasan kardus terumbu karang asal Kepulauan Riau (Kepri) yang akan diselundupkan ke Singapura.


Kabid Humas Polda Kepri Kombes S Erlangga, Senin (23/7/2018) menjelaskan, saat ini sejumlah tersangka masih menjalani pemeriksaan.


"Ada tiga orang di atas pancung diamankan. Jumlah orang yang terlibat masih dalam lirik Ditpolairud Polda Kepri," tandasnya.


Erlangga menjelaskan, penggagalan penyeludupan ikan hias dan terumbu karang ini Berlangsung di sekitar Pulau Mongkol Kecamatan Belakang Padang, Batam. Ikan hias dan terumbu karang  siap jual diangkut menggunakan Perahu Pancung MB Karya Bakti.


"Saat ditanyai dokumen resminya, ketiganya mengaku tidak tahu," ungkap Erlangga.


Dalam kasus ini, penyidik dikatakan Erlangga menjelaskan jika para tersangka dijerat Pasal 35 huruf b jo pasal 73 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan pulau-pulau kecil.


Sejumlah barang bukti yang diamankan diantaranya berupa satu unit perahu pancung MB Karya Bakti, satu unit perahu pancung tanpa nama.


Selain itu, turut diamankan satu lembar pas kecil MB Karya Bakti, satu lembar sertifikat keselamatan dan tiga  paspor atas nama Kardi Bin Kahar,Toni Bin Samdol dan Selamat. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua