595 Jiwa Korban Kebakaran Ruli Beverli Menempati Tenda Pengungsian
14 Juli 2018
Lokasi Ruli Beverli yang nyaris rata dengan tanah akibat kebakaran hebat yang terjadi Sabtu (14/7/2018) sekitar pukul 03.30 WIB. Sebanyak 595 jiwa korban kebakaran kini menempati tenda-tenda pengungsian. (Foto: Hadi)

INILAHKEPRI, BATAM - Setidaknya terdapat 595 jiwa dari 192 KK korban kebakaran rumah liar (Ruli) di Kawasan Beverli, Kelurahan Belian, Batam Center, Batam, tinggal di pengungsian.


Para pengungsi ini menempati sejumlah ruang  dan tenda-tenda yang ada di jalan Gedung Bersama Kantor Pemko Batam dan di sekitar lokasi kejadian.


Sedikitnya 300 rumah ludes dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Sabtu (14/7/2018) sekitar pukul 03.30 WIB.


Diketahui tak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai Rp46 milyar lebih. 


Siang tadi, Gubernur Kepri Nurdin Basirun telah turun ke lokasi kejadian. 

Gubernur menyatakan jika dirinya telah memerintahkan Dinsos Kepri dan Pemko Batam untuk segera memberikan tenda-tenda pengungsian dan makanan siap saji.


"Jika tidak tertampung di sini, maka harus dibangun tenda tambahan," ujar Gubernur.


Selain itu, Nurdin juga mengaku telah memerintahkan stafnya untuk mendata anak-anak korban kebakaran yang masih bersekolah. Pemprov Mepri dia katakam akan memberikan bantuan pakaian sekolah serta kelengkapan lain seperti alat tulis.


"Apa bantuan lengkapnya, lihat saja nanti," ujar Nurdin.


Sebab Kebakaran Masih Diselidiki


Terpisah, Kepala Polresta Barelang, Kombes Hengki mengatakan sampai saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan dari penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah warga di RT 05 RW 28, Kampung Belian, Batam Kota, Batam ini.


"Kami masih mengumpulkan informasi dari warga maupun saksi terkait kejadian ini," kata Hengki.


Pihaknya juga dia sebut turut membangun tenda, berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Batam untuk menyalurkan bantuan makanan bagi korban.


"Bantuan makanan dan pakaian sangat penting karena tidak ada satupun harta benda korban yang tersisa," jelasnya.


Hingga siang tadi, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan lokasi kebakaran yang nyaris rata dengan tanah. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua