BC Batam Amankan Ratusan Satwa dan 12 Jenis Tanaman Hias Ilegal Asal Malaysia
13 Juli 2018
Kepala KPU BC Batam Susila Brata (tengah), menunjukkan satwa serta tumbuhan ilegal asal Malaysia yang pihaknya amankan, Jumat (13/7/2018). (Foto: Hadi)

INILAHKEPRI, BATAM - Petugas Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Batam menggagalkan aksi penyelundupan satwa dan tumbuhan ilegal asal Malaysia.


Ratusan satwa beranake jenis dan 12 jenis tanaman hias ini diamankan Petugas P2 Bea Cukai Batam dari KM BI di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kamis (12/7/2018). 


"Waktu kami periksa, nakhoda terlihat panik," kata Kepala KPU BC Batam Susila Brata, Jumat (13/7/2018).


Satwa dan tanaman hias itu dijelaskan Susila Brata dibawa dari Pelabuhan Pasir Gudang, Malaysia.


Rincinya, satwa terdiri dari 909 ekor Kura-kura, 24 iguana, 6 burung perkutut, 12  love bird dan seekor anak buaya serta 12 jenis tanaman hias.


Selain mengamankan satwa dan tanaman asal Malaysia, BC Batam mengamankan AR dan TD. Keduanya nakhoda dan orang yang berperan mengatur barang setibanya di Batam.


Setalah dilakukan pemeriksaan oleh Karantina Ikan dan Karantina Pertanian, hasil tangkapan itu kemudian diserahkan ke BKSDA Wilayah II Batam.


Raden Evy, Kabid BKLI BC Batam menambahkan, kedua tersangka akan  dijerat pasal 102 huruf A dan pasal 102 huruf E UU Nomor 17/2006 tentang Pembahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan jo. Pasal 55 ayat 1 KUH Pidana jo. Undang-Undang Karantina hewan dan tumbuhan. Keduanya terancam kurungan 10 tahun.


"Upaya penyelundupan satwa dan tumbuhan kemungkinan termasuk dalam apendiks cites," terangnya.


Apendiks I adalah daftar sejumlah spesies tumbuhan dan satwa liar yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional. Apendiks I sedikitnya berisi 800 spesies hewan dan tumbuhan.


Sedangkan Apendiks ll adalah daftar spesies yang tidak terancam kepunahan, tapi mungkin terancam punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa adanya pengaturan. Dalam apendiks ll berisi sekitar 32.500 spesies. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua