AS Komitmen Tingkatkan Hubungan Dagang dan Investasi di Kepulauan Riau
10 Juli 2018
Duta Besar Amerika Sarikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr saat perayaan Hut 242 negatra itu di Batam, malam kemarin. (Foto: Hadi)

INILAHKEPRI, BATAM - Pemerintah Amerika Sarikat (AS) menyatakatan komitmennya meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi di Indonesia, khususnya wilayah Kepulauan Riau (Kepri), baik di Batam, Bintan, Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas.


Komitmen disampaikan Duta Besar Amerika Sarikat untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr saat perayaan Hut 242 negatra itu di Batam, malam kemarin.


Menurut Donovan perayaan tersebut bukan hanya seremoni, melainkan wujud keserius AS dalam kemitraan strategis di jantung kawasan indo-pasifik. Dipilihnya Batam sebagai lokasi perayaan tahun ini oleh Konsulat AS untuk Sumatera dia sebut  merupakan upaya penegasan komitmen Amerika dalam memajukan kawasan ini.


"Kepulauan Riau merupakan kawasan daerah strategis karena memiliki rute pelayaran penting di kawasan indo-Pasifik. Selain  itu, karena kedua negara memiliki sejarah panjang kerjasama di bidang maritim," ungkapnya.


Dia menegaskan jika pihaknya bekerja untuk meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saling menguntungkan bagi kedua negara.


Dalam kesempatan ini, Gubernur Kepri Nurdin menyampaikan jika investasi AS di Kepri masih minim. Kepada Dubes, Gubernur menawarkan investasi di berbagai bidang, seperti perusahaan teknologi, informasi, pariwisata, dan sejumlah bidang lain, termasuk perikanan.


Nurdin bahkan memberikan kepastian hukum dan keamanan.


"Kepri juga memiliki sumber daya yang memadai," tegasnya.


Dalam kesempatan ini Nurdin mengajak Dubes berkunjung ke Bintan dan Tanjungpinang untuk merangsang investasi pengusaha Amerika. Mulai dari perikanan, hingga pariwisata.


"Ada juga kawasan ekonomi khusus. Saya yakin akan banyak muncul ide baru dan bisa disampaikan ke perusahaan-perusahaan Amerika," terang Nurdin meyakinkan.


Menanggapi hal ini Donovan berjanji akan mempromosikan apa yang disampaikan Gubernur. Dia yakin akan banyak perusahaan Amerika yang tertarik. 


Masih dengan Donovan, soal investasi yang belum banyak, dirinya mengaku akan menyempaikan ke perusahaan-perusahaan AS. Karena dia tahu banyak perusahaan yang tertarik meningkatkan bisnis di Indonesia, termasuk Kepri.


"Salah satu produk yang penting adalah seafood. Amerika sangat tertarik, apalagi ketersediaan yang berkelanjutan terjamin. Saya juga tertarik soal budidaya perikanan di kawasan ini," jelasnya. (Hadi)





Berita Terkait
Lihat Semua