Besok Pagi Pulau Bintan dan Sekitar Diprediksi Terjadi Hujan, BMKG Sarankan Shalat Ied Digelar di Ruang Tertutup
14 Juni 2018
Ilustrasi: Bentukan awan hitam di atas Pulau Dompak. BMKG Tanjungpinang memprediksi akan terjadi hujan saat Shalat Ied, Jumat (15/6) besok. BMKG menyarankan warga melaksanakan shalat di tempat tertutup. (Foto: Dokumen inilahkperi.com)

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Warga Pulau Bintan dan sekitar yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1439 H, Jumat (15/6) esok hari, ada baiknya mempersiapkan payung.  


Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Vivi Putrima Ardah mengatakan, hujan disertai petir diprediksi akan berlangsung saat shalat berlangsung.


"Potensi hujan lokal disertai petir akan terjadi saat shalat Ied di Pulau Bintan dan sekitar," ujarnya, Kamis (14/6).


Hujan yang terjadi disebut Vivi dikarenakan meningkatnya suhu permukaan laut Bintan dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir.

 

Kondisi ini  menyebabkan terjadinya penguapan yang mengakibatkan munculnya awan-awan konektif seperti awan cumulonimbus yang dapat mengakibatkan terjadinya hujan yang disertai petir.


Lanjut Vivi katakan, untuk arah angin bergerak dari selatan ke barat daya dengan kecepatan 5-30 kilometer perjam.


"Jadi untuk cuaca pada malam hari ini, diprediksi cerah, berawan. Sedangkan untuk besok harinya pada pagi hari dan siang hari berpotensi terjadi hujan ringan-sedang bersifat lokal. Malam harinya cerah," ucap vivi.


Untuk itu Vivi mengimbau, masyarakat selalu waspada, jika secara tiba-tiba terjadi hujan. Dia menyarankan bagi yang melaksanakan Shalat Ied besok agar memilih di masjid, surau atau ruang tertutup.


Vivi menambahkan, tinggi gelombang di perairan Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Lingga, Tanjung Balai Karimun berkisar antara 0.2 hingga 0.6 meter. Sedangkan perairan Kabupaten Anambas, Natuna berkisar antara 0.2 hingga 1 meter. (Masrun)





Berita Terkait
Lihat Semua