H-7 Jelang Lebaran, Harga Bapok di Bintan Masih Stabil
11 Juni 2018
Ilustrasi: Suasana pasar Bintan Center, Tanjungpinang. Hingga H-7 Idul Fitri 1439 H, harga Bapok di sejumlah pasar tradisional di Bintan masih stabil. (Foto: Dokumen)

INILAHKEPRI, BINTAN - Pada H-7 Idul Fitri 1439 H, harga bahan pokok (Bapok) di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Bintan masih cenderung stabil.


Stabilnya harga sepekan menjelang Idul Fitri ini berdasar pantauan dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan di sejumlah pasar tradisional.


"Kami turun meninjau langsung ke pasar-pasar tradisional yang ada bahwa tidak ada kenaikan harga yang signifikan," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Khairul, Sabtu (9/6) pagi.


"Begitu juga masalah stok. Berdasarkan keterangan pedagang, tidak ada masalah dan mereka mendapatkan barang dengan lancar," lanjutnya.


Menurut Khairul, indikasi kenaikan harga diperkirakan akan terjadi mengingat tingginya permintaan. Terkait ini, pihaknya dia sebut akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan.


"Hal ini (kenaikan) penting diantisipasi mengingat tingginya permintaan. Antisipasi adalah berupa kenaikan harga secara sepihak oleh pedagang," tambahnya.



Terpisah, Bupati Bintan Apri Sujadi, usai memimpin Rapat Kordinasi FKPD , Kamis (7/6) juga menyampaikan hal senada.


"Kami belum melihat penyimpangan yang menyebabkan harga pangan naik secara tajam. Rata-rata naik masih dalam mekanisme yang normal, sekitar 1.000 hingga 2.000 Rupiah " ujarnya 


Pantauan kondisi lapangan berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan didapat sejumlah harga sampai sekarang kondisi masih stabil, seperti komoditas bawang merah Jawa berada di kisaran harga Rp 34.000/Kilo naik Rp 2.000 dari sebulan sebelumnya, lalu harga sayur di kisaran harga Rp 12.000/Kilo turun Rp 2.000 dari sebulan sebelumnya. Harga cabe rawit di kisaran harga Rp 35.000/Kilo naik Rp 1.000 dari sebulan sebelumnya. Harga telur ayam di kisaran harga Rp 1.330/butir naik Rp 30,- dari sebulan sebelumnya


Lalu , komoditas strategis lainnya seperti daging ayam masih stabil diharga Rp 38.000/kilo, daging sapi segar masih stabil diharga Rp 145.000/kilo serta daging sapi beku masih stabil seperti sebulan sebelumnya diharga Rp 95.000,-/kilo. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua