Kasus Mobil Antik Rolls Royce Diserahkan Polisi ke Bea Cukai
25 Mei 2018
Petugas Sat Reskrim Polres Tanjungpinang memasang garis polisi di mobil Rolls Royce, Jumat (25/5). Kasus ini dilimpahkan Mapolres Tanjungpinang ke KPPBC Tanjungpinang. (Foto: Andri)

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Polres Tanjungpinang, Jumat (25/5) menyerahkan mobil antik Rolls Royce hasil tangkapan bulan lalu ke KPPBC Tanjungpinang.


Penyerahan dilakukan, Jumat (25/5) sore, di Mapolres Tanjungpinang.


Kepala Polres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi kepada sejumlah jurnalis menyampaikan, dalam kasus ini pihaknya telah memeriksa sebanyak 7 orang saksi.


Namun, pemeriksaan dikatakan Ucok belum menghasilkan nama pemilik maupun pengirimnya.


"Dokumen barang tidak ada. Yang kami ketahui bahwa mobil ini dikirim dari Amerika Serikat melalui Singapura, lalu diseludupkan ke Indonesia (Tanjungpinang). Tapi siapa pemilik maupun pengirimnya kami belum mengetahui," ujar Kapolres.


Terkait ini, AKBP Ucok menyebut jika kasus ini mengarah kepada pelanggaran kepabeanan sebagaimana UU 17 tahun 2006.


Di tempat sama, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tanjungpinang, Sodikin menyampaikan, akan meneliti serta memeriksa saksi dan arang bukti sebagaiman UU Kepabeanan.


"Bisa jadi nantinya akan ditetapkan sebagai barang milik negara kemudian dilelang," ujarnya.


Diberitakan terdahulu, mobil antik buatan Jerman Rolls Royce warna merah itu diamankan polisi awal April 2018 saat sedang diangkut lori di kawasan Batu 7 Tanjungpinang. Selain mobil utuh, saat itu turut pula diamankan sebuah mesin mobil merk sama di dalam peti diangkut lori berbeda.


Informasi diperoleh ketika itu, mobil seharga milyaran rupiah ini akan dibawa ke Batam melalui Pelabuhan Roro, Tanjunguban. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua