Anggarkan Rp500 Juta, Pemkab Bintan Kembali Siapkan Angkutan Mudik Gratis ke Tambelan
24 Mei 2018
Bupati Bintan Apri Sujadi saat berkunjung ke Kecamatan Tambelan belum lama ini. Tahun ini, Pemkab Bintan kembali menyiapkan transportasi gratis bagi masyarakat yang akan mudik hari raya Idul Fitri 1439 H. (Foto: IST)

INILAHKEPRI, BINTAN - Pemerintah  Kabupaten Bintan dipastikan akan kembali menyiapkan angkutan gratis bagi masyarakat Kecamatan Tambelan yang ingin mudik di tahun 2018 ini. 


Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bintan, Yandrisyah menjelaskan, angkutan mudik gratis tersebut merupakan program yang sudah dirancang oleh Bupati Bintan Apri Sujadi  Wakil Bupati Dalmasri Syam sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Namun pihaknya juga secara tekhnis akan kembali berdiskusi lebih lanjut terkait penetapan jadwal serta kapal transportasi yang akan digunakan ke pihak operator jasa kapal.


"Yang jelas kita sudah menganggarkan 500 juta guna menyiapkan transportasi kapal gratis bagi masyarakat Kecamatan Tambelan yang ingin mudik lebaran tahun ini. Namun secara tekhnis, segala sesuatunya akan kita siapkan menjelang pelaksanaannya " ujarnya.


Sebelumnya, pada saat kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan beberapa waktu yang lalu, Bupati Apri Sujadi menyampaikan bahwa tahun 2017 lalu angkutan lebaran ke Tambelan disediakan Pemkab Bintan secara gratis. Dan tahun 2018 ini, Pemkab Bintan juga menyediakan secara gratis, untuk angkutan lebaran ke pulau Tambelan.


”Tiap tahunnya kita menyediakan angkutan mudik gratis guna membantu  masyarakat Kecamatan Tambelan yang ingin mudik saat lebaran, hal ini lebih dikarenakan letak posisi Kecamatan Tambelan yang jauh dari Bintan " ujarnya


Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut dan Udara Dishub Yefrizon mengatakan, bahwa angkutan gratis ini juga sebagai salah satu antisipasi lonjakan arus mudik ke salah satu pulau terluar yang ada di Kabupaten Bintan.


“Ini salah satu antisipasi guna mengurangi lonjakan arus mudik ke Pulau Tambelan. Teknisnya mungkin 4 - 5 hari sebelum lebaran dan 4 - 5 hari  sesudah lebaran. Namun nanti akan dibahas kembali terkait tekhnis pelaksanaannya, dimana akses ke pulau tersebut yang hanya menggunakan jalur angkutan laut atau kapal " papar Yefrizon di kantornya, Bandar Sri Bentan, Kamis (24/5). (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua