Bupati Bintan Bikin Heboh, Menari Makyong di Pawai Ta'aruf MTQ Kepri
08 Mei 2018
Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan), menari makyong saat pawai ta'aruf MTQ Kepri dilaksanakan di Kabupaten Lingga, Selasa (8/5). Aksi Apri ini tak pelak mengundang perhatian warga dan undangan yang hadir. (Foto: Istimewa)

INILAHKEPRI, LINGGA - Bupati Bintan Apri Sujadi menjadi perhatian pengunjung yang hadir pada Pawai Ta'aruf MTQ Kepri berlangsung di Kabupaten Lingga, Selasa (8/5). 


Apri menggunakan baju kurung biru, melenggak-lenggok menari tarian makyong. Saat itu Apri yang memimpin rombongan kafilah Kabupaten Bintan mengenakan topeng Awang, salah satu karakter dalam teater makyong yang merupakan kesenian klasik Melayu, diikuti Sekda Bintan Adi Prihantara, Ketua TP PKK Bintan, Ketua DWP Bintan dan anggota rombongan lainnya.


Aksi Apri mengundang sorak-sorai. Segenap pejabat dan undangan yang berada di panggung kehormatan pun turut berdiri memberi tepuk tangan dan sambutan termasuk di dalamnya Sekdaprov Kepri Arief Fadilah. 


Apri, usai pelaksanaan pawai mengatakan bahwa penampilan tersebut hanya spontanitas di lapangan. Melihat semangat peserta pawai yang begitu menggelora, dirinya tak kuasa untuk ikut tampil bersama guna menyemarakkan kegiatan.


"Awalnya kami hanya menyaksikan, tapi tertarik saya untuk ikut. Ini kan salah satu kesenian tradisional, saya ajak Pak Sekda dan yang lain untuk ikut. Tak perlu sungkan untuk hal ini. Selain sebagai persembahan, ini iuga sebagai pelestarian kesenian daerah. Walau pun konsepnya sedikit modern, tapi ini tetap berkiblat pada kesenian makyong" ujar Apri.


Aksi Bupati Bintan ini berduet langsung dengan tarian "three in one". Three in one sendiri merupakan tarian individu yang diikuti oleh dua boneka menyerupai manusia yang diikat menjadi satu bagian. Sehingga tiap gerak langkah sang penari akan serentak dengan gerak langkah boneka tersebut. (Andri/Rls)





Berita Terkait
Lihat Semua