Kapal Pesiar Genting Dream Cruise Buka Rute ke Bintan
07 Mei 2018
Kapal Pesiar Genting Dream Cruise. (Foto: IST)

INILAHKEPRI, BINTAN - Genting Dream Cruise, kapal pesiar memuat ribuan wisatawan direncanakan akan membuka rute ke Kabupaten Bintan. Sebuah peluang mendongkrak peningkatan kunjungan wisatawan yang diyakini akan terwujud.


Hal ini disampaikan Bupati Bintan, Apri Sujadi. Menurutnya, terkait hal ini pihaknya telah berdiskusi bersama  management Genting Dream Cruise dan Bintan Resorts guna membuka rute perjalanan Kapal Genting Dream Cruises dari Singapura ke Pulau Bintan. 


"koordinasi terus kita lakukan. Rencananya Kapal Genting Dream Cruise akan masuk dan singgah ke Kawasan Pariwisata Lagoi. Konsepnya dalam 1 bulan 4 kali kunjungan, dengan rata-rata wisatawan asing 3.000 sampai 4.000 wisatawan sekali kunjungan " ujarnya Apri, Senin (9/5).


Dikatakannya juga, bahwa rencananya wisatawan akan ditawarkan untuk berplesir di beberapa kawasan pariwisata yang ada di Kabupaten Bintan. Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga akan menggerakkan sektor seni budaya Melayu serta sektor UKM guna meningkatkan daya beli perekonomian masyarakat atas kunjungan wisatawan tersebut. 


"Konsepnya tidak saja menampilkan  keindahan alam Bintan, namun kita akan  melibatkan UMKM, menampilkan seni dan budaya melayu seperti pertunjukan silat, pertunjukan layang-layang atau mungkin permainan perahu jong . Sehingga nantinya wisatawan yang  berkunjung ke lokasi wisata, sambil menikmati alam dan budaya juga bisa  menikmati kuliner khas Bintan. Nanti masyarakat bisa terlibat dengan menjual kuliner dan kerajinan khas Kab Bintan di beberapa titik lokasi pariwisata " ujarnya. 


Sementara itu, Direksi Management Genting Dream Cruise Mr Yan mengatakan bahwa rencananya rute Kapal Genting Dream Cruise akan masuk ke Bintan di awal bulan Juni 2018 ini. Kapal akan bersandar di Pelabuhan Bintan Resorts, Lagoi sejak jam 08.00 pagi. 


"Wisatawan akan memiliki waktu yang indah di Bintan, saya sudah menikmati makanan khas Bintan seperti gonggong, kue lapis dan otak-otak. Saya pikir , wisatawan akan merasa senang nantinya " ujarnya.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menjelaskan, pertemuan antara  Bupati Apri Sujadi dengan pihak Manajemen  Genting Dream Cruise dan Manajemen BBR membahas mengenai paket wisata. 


Menurut Luki, paket wisata tersebut tentunya akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.


"Ini suatu hal yang baik bagi perkembangan dunia pariwisata Kabupaten Bintan kedepannya, jumlah wisatawan akan meningkat, PAD sektor pariwisata tentunya juga ikut meningkat " ujarnya


Kapal Genting Dream Cruise memiliki panjang 335,33 meter (1.100 kaki 2 inci), lebar 39,7 meter (130 kaki), ukuran 150.695 GT , dan kecepatan tertinggi lebih dari 23 knot. Selain berlayar ke Singapura dan Malaysia , rencananya di bulan Juni 2018, kapal yang mampu menampung penumpang hingga 3.000-4.000 wisatawan tersebut, juga akan singgah ke Pulau Bintan (Bintan Resorts) sebelum melanjutkan perjalanan ke rute negara berikutnya. Kapal Pesiar Genting Dream Cruise selain melayari Negara Singapura dan Malaysia, juga melayari Negara Thailand, Vietnam, Hongkong bahkan ke Pulau Bali - Indonesia. (Andri/Rls)





Berita Terkait
Lihat Semua