Bintan Terbaik 3 Nasional Penerapan Kota Pintar
04 Mei 2018
Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menyerahkan penghargaan penerapan kota pintar (smart city) yang diterima Kepala BPPPD Bintan Dan Rudi, Kamis (3/5) malam. (Foto: IST)

INILAHKEPRI, BINTAN - Smart City yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Bintan mendapatkan penghargaan dalam Penganugerahan Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) Tahun 2018. 


Penghargaan diberikan City Asia Center for Smart Nation (CCSN), diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Nusantara 2 Hall ICE BSD Tangerang, Kamis (3/5). 


Dalam ajang ini, penilaian dilakukan terhadap seluruh provinsi dan kabupaten/kota dalam dua hal, yakni  kesiapan daerah pintar (smart region readiness), serta kinerja daerah pintar (smart region performance)


Nominasi untuk kategori Kabupaten diraih oleh Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bintan. 


Dalam hal ini, Kabupaten Bintan menduduki peringkat ketiga dari ratusan Kabupaten lainnya yang ada di Indonesia.


Terkait diberikannya penghargaan ini,

Bupati Bintan Apri Sujadi menyebut jika Pemerintah Kabupaten Bintan memang tengah meletakkan komitmen pada pengembangan Smart City. 


Beberapa inovasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai tonggak utama dia katakan tengah digesa. Seperti peluncuran beberapa sistem aplikasi sesuai dengan tupoksi tiap OPD.


" Kami berharap smart city secara merata dalam kurun waktu yang singkat bisa diimplementasikan di Kabupaten Bintan," ujar Apri.


Ia menjelaskan jika saat ini Pemkab Bintam terus menjalin komunikasi yang intens dengan Kementerian Kominfo sebagai leader dalam pengembangan smart city.


Apri juga kembali menegaskan bahwa  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan rencananya akan mulai dibentuk pada tahun ini sebagai salah satu upaya agar dalam mewujudkan Kab Bintan yang cerdas berteknologi akan semakin mudah direalisasikan. 


Untuk diketahui, Smart City adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua