Kemah Cagar Budaya di Bintan Dikoordinasikan ke Kwarnas
25 April 2018
Dalmasri Syam beserta pengurus Kwarcab Bintan dan Kwarda Kepri berfoto bersama Ketua Kwarnas Adyaksa Dault di Jakarta, Selasa (24/4). (Foto: IST)

INILAHKEPRI, JAKARTA - Pengurus Kwartir Kwarda Kepri bersama Kwartir Cabang Bintan menyambangi pengurus Kwarnas Pramuka Pusat guna mengkoordinasikan rencana Kemah Cagar Budaya Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.


Hadir dalam pertemuan Selasa (24/4) sore itu Ketua Kwartir Cabang Bintan Dalmasri Syam, Ketua Harian Kwarda Kepri Lamidi, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaimam Prawira, dan Sekwan Bintan Edi yusri.


Rencananya, Kemah Cagar Budaya Kepri akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bintan pada 11 – 13 Mei 2018 mendatang.


Dalmasri menjelaskan,  selain menyampaikan kegiatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan  agenda khusus terkait program tahun 2018, termasuk beberapa kegiatan dan program tahun sebelumnya. 


Dalmasri mengungkapkan, Kemah Cagar Budaya rencananya akan diikuti 165 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Provinsi Kepulauan Riau.


Kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan di Provinsi Kepri  bekerjasama antara Kwarcab Gerakan Pramuka Bintan dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat Korwil Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.


Dalmasri berharap, kegiatan ini nantinya sekaligus dapat menjadi ajang memperkenalkan cagar budaya, serta kebudayaan Melayu khususnya. 


“Ini khusus budaya. Supaya budaya Melayu bisa teredukasi di anak-anak Pramuka. Selama ini mungkin hanya sekadar cerita, nanti jadi sebuah kisah nyata pada acara perkemahan tersebut,” kata dia.


Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengatakan, Kwarnas mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurutnya Kemah Cagar Budaya ini bagus sebagai edukasi para anggota Gerakan Pramuka.


“Kekuatan dan kelebihan dari kegiatan luar ruangan adalah apa yang mereka lihat, rasakan, dan lakukan menjadi ilmu bagi mereka. Interaksi dan partisipasi mereka juga meningkat. Lewat kegiatan (Kemah Cagar Budaya) ini mereka akan makin tinggi semangat untuk melestarikan dan menjaga cagar budayanya,” jelas Adhyaksa. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua