Pemprov Kepri Dorong Sertifikasi Profesi
24 April 2018
Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah. (Foto: Andri)

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pemerintah Kepulauan Riau berupaya mendorong sertifikasi profesi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).


Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kepri, TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, Selasa (24/4).


Salah satu yang perlu digesa menurutnya adalah sertifikasi bidang informasi dan teknologi (IT) dimana profesi ini banyak dibutuhkan, baik di pemerintahan maupun pihak swasta.


Pemerintah Kepri sendiri dia katakan banyak membutuhkan membutuhkan tenaga IT terkait penerapan e-Government.


"Sekarang ini semua berbasis teknologi sehingga kita membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi IT tersebut," ujar Arif.


Arif mengatakan, kebutuhan dengan tenaga kerja IT yang tinggi di Provinsi Kepri ini tak hanya di sektor pemerintah saja, namun juga di sektor lainnya termasuk swasta.


Persaingan terbuka MEA yang juga memberikan kesempatan sama bagi tenaga kerja asing dia sebut menuntut kemampuan yang juga harus didukung sertifikasi.


"Singapura yang negara tetangga jika dilihat penguasaan IT-nya luar biasa. Tentunya kita tidak mau ketinggalan. Kita tidak ingin jadi daerah perbatasan yang tertinggal," ungkap Arif.



Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika Kemenkominfo Dr Ir Hedi M Idris mengatakan, setiap tahunnya ada 300 ribu tenaga Kerja IT yang di butuhkan di Indonesia.


"Sehingga bidang ini saat ini dan kedepannya masih banyak kesempatan untuk angkatan kerja muda untuk memanfaatkan nya sebagai peluang pekerjaan," ujar Hedi membuka kegiatan sertifikasi bidang IT di Hotel CK, Tanjungpinang.


Dengan jumlah lulusan IT ini setiap tahunnya hanya sekitar 250 ribu lulusan, hal ini dia katakan memberi peluang 

pasar kerja untuk lulusan IT.


"Apalagi untuk kawasan Kepri sebagai garda terdepan Indonesia, akan banyak peluang bagi Lulusan IT ini," tegasnya lagi. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua