Pecah Jendela Dengan Besi Bekas Tambat Hewan Qurban, Maling Gondol Kotak Infak Masjid Al Weini
18 April 2018

INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Pencuri beraksi sebelum subuh berkumandang di Masjid Nur Al Weini, Jalan Peralatan Tanjungpinang. Pencuri memecah kaca samping pintu masuk sebelah kanan, lalu menggondol kotak amal masjid yang berada tak jauh dari pemakaman umum Batu 7 tersebut.


Adalah Muhammad Ali, imam Masjid Al Weini yang mengetahui aksi tak terpuji Rabu (18/4) subuh. Sekitar pukul 04:30, sang Imam Masjid bingung waktu membuka pintu masjid. Kaca berserak memenuhi lantai dan tangga.


"Perasaan saya jadi tak enak. Waktu itu saya masih sendiri. Jamaah belum ada yang datang," katanya.


Buru-buru dia memeriksa perangkat pengeras suara (sound system). Maklum,  perangkat  itu punya  nilai  ekonomis  cukup tinggi. Tapitu kekhawatiran Muhammad Ali tidak terbukti. Perangkat masih utuh. 


Tapi ada yang aneh dengan kotak infak di antara tirai pembatas syaf lelaki dan perempuan. Kotak infak kotak infak terbuat dari kaca itu hancur. Kaca berwarna hitam berderai di lantai. Uang di dalamnya hilang.


"Saya belum menghitung. Jadi tak tau berapa uang didalamnya. Mungkin tiga puluh ribu," tandasnya.


Tak berhenti di situ. Muhammad Ali lalu memeriksa bagian masjid yang lain. Selain jendela kaca setebal 10 mili dekat pintu masuk, kaca  tempat penjaga masjid juga pecah.


"Memang sedang tidak ada penjaga. Sudah tiga hari kosong karena penjaga masjid ini sedang ada urusan keluarga," tandas Muhammad Ali lagi.


Untungnya di dalam kamar itu tak ada barang berharga. Hanya terdapat sebuah kotak infak yang tak berisi. 



"Kaca di dekat kamar penjaga masjid pecah, kebetulan penjaganya sudah tiga hari tidak ada karena ada urusan keluarga," tuturnya.


Setelah memeriksa keseluruhan, Ali yakin barang yang hilang hanya isi di satu kotak infak tadi.


Usai melaksanakan shalat subuh, Ali lalu melaporkan kejadian itu ke polisi.


"Saya menduga pelaku memecah kaca dengan potongan besi bekas menambatkan hewan qurban," ujarnya.


Potongan besi itu didapati tak jauh dari pecahan kaca jendela tempat diduga pencuri masuk.


Petugas Polsek Tanjungpinang Timur telah melakukan identifikasi tempat kejadian.


"Kami sudah memeriksa tempat kejadian. Sekarang masih kami selidiki, ujar Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Hendriyal. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua