Patroli Koarmabar Amankan Kapal Penyeludupan Mikol di Selat Singapura
11 April 2018
Kapal penyeludupan minuman beralkohol yang diamankan KRI PRA-726 di Selat Singapura. Selain diduga akan menyeludupkan Mikol, kapal tersebut juga diduga memalsukan surat persetujuan berlayar. (Foto: IST)

INILAHKEPRI, BATAM - KRI Pulau Rusa-726, salah satu unsur Satranarmabar yang sedang melaksanakan operasi Benteng Sagara-18 BKO Guskamlabar, Rabu (11/4), berhasil menangkap dan menggagalkan kapal kargo bermuatan 150 karton minuman keras di Perairan Selat Singapura.


Berita resmi Koarmabar menyebut, penangkapan berawal saat KRI PRA-726 melaksanakan patoli di selat singapura, mendeteksi kapal kargo yang melaksanakan manuver mencurigakan.


Kapal tersebut berhasil diamankan di Utara Karang Galang. Setelah diperiksa, kapal tersebut bernama KM Setia Kawan, berkapasitas 95 gross ton, dengan 11 orang ABK warga Indonesia.


Dokumen surat persetujuan berlayar (port clearance) menunjukkan kapal tersebut berlayar dari Singapura menuju Thailand. Namun dokumen port clearance tersebut diduga palsu. Kapal tidak memiliki dokumen sama sekali.


Yang paling memberatkan adalah kapal tersebut memuat barang ilegal yaitu 150 karton minuman keras non cukai.


Atas dugaan kesalahan dan pelanggaran kapal tersebut, maka kapal dikawal oleh KRI Pulau Rusa-726 menuju dermaga Lanal Batam untuk proses hukum lebih lanjut. (Andri/Rls)





Berita Terkait
Lihat Semua