2019, Bintan Fokus Kepada Pengembangan Infrastruktur Penunjang Pariwisata
26 Maret 2018
Bupati Bintan, Apri Sujadi. (Foto: Andri)

INILAHKEPRI, BINTAN - Pemerintah Kabupaten Bintan tengah membuat perencanaan untuk peningkatan infrastruktur pariwisata di tahun 2019. 

"Tahun 2019 nanti kami akan fokus pada peningkatan infrastruktur penunjang pariwisata," ujar Apri baru-baru ini.

Di Bintan sendiri terdapat setidaknya 6 iven pariwisata bertaraf internasional yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Apri berharap, dengan meningkatnya infrastruktur penunjang pariwisata, wisatawan - baik domestik maupun mancanegara - tidak hanya tertarik kepada iven wisata bertaraf internasional tersebut.

"Bagaimana nantinya turis juga datang iven lokal yang cukup banyak digelar," ujar Apri.

"Yang diupayakan adalah nantinya turis tidak hanya datang ke Lagoi, atau kawasan pantai, tetapi juga bisa datang ke pelosok-pelosok kampung atau spot-spot lain," tambahnya.

Beberapa infrastruktur penunjang dimaksud dijelaskan Apri semisal dibuatnya spot foto, penataan kawasan kelong dan ikon-ikon yang dapat menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang.

Apri menjelaskan, Sebanyak 700 ribu wisatawan rata-rata berkunjung dalam satu tahun. Sektor pariwisata menjadi penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) Bintan, yakni sebesar 60 persen, yang secara otomatis mempengaruhi tingkat pertumbuhan ekonomi.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kepri ini juga berharap nantinya pariwisata tidak hanya menyumbang PAD, tetapi dapat berdampak signifikan terhadap pendapatan mesyarakat.

"Dengan berbaurnya wisatawan ke tengah masyarakat, tentu akan ada imbas ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat," tutup Apri. (Andri)





Berita Terkait
Lihat Semua