BPOM Dapati Kosmetik Ilegal Beredar di Pasar Tanjungpinang
30 Oktober 2017
Petugas BPOM Batam melakukan pemeriksaan di sebuah gudang pangan terletak di kawasan Kijang Lama Tanjungpinang, Senin (30/10/2017). Selain mengamankan sejumlah makanan tanpa izin edar, petugas BPOM yang menggelar razia bersama Direktorat Narkoba Polda Kepri dan Disperindag Tanjungpinang juga mendapati sejumlah produk kosmetik dan jamu ilegal. (Foto: Andri)
INILAHKEPRI, TANJUNGPINANG - Sejumlah kosmetik dan jamu ilegal ditemukan petugas Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Batam yang menggelar razia di sejumlah toko kosmetik di Pasar Baru Tanjungpinang, Senin (30/10/2017).

Sejumlah kosmetik ilegal didapati dari sejumlah toko kosmetik di kawasan Pelantar II Tanjungpinang ini diantaranya berupa krim pelembab wajah dan jamu. Kosmetik dan jamu ini dikatakan ilegal karena tidak dilengkapi izin edar.

Selain mendapati kosmetik dan jamu ilegal, razia gabungan BPOM Batam bersama Direktorat Narkoba Polda Kepri dan Disperindag Tanjungpinang juga memeriksa gudang pangan CV Cahaya Abadi di Kijang Lama . 

Dalam pemeriksaan ini, petugas gabungan mendapati berbagai jenis makanan tanpa ijin edar. Seperti susu, serta sejumlah makan berasal dari luar negeri seperti Amerika serikat, Australia dan beberapa jenis lainnya yang tidak terdaftar dalam BPOM.

Belum diketahui merk produk makanan, jamu, maupun kosmetik yang diamankan BPOM. Kepala BPOM Batam, Alex Sandra mengatakan, pihaknya masih merinci jumlah dan merk masing-masing produk yang dianggap tidak layak edar.

"Yang jelas saat ini sekitar puluhan dus makanan olahan sudah kita amankan dan  kita masih mengecek barang lainnya. Yang jelas semua kosmetik dan bahan pangan yang tidak memeiliki surat izin edar kita amankan," ungkapnya kepada wartawan. (Andri)




Berita Terkait
Lihat Semua